6 Tanaman Penahan Longsor yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

30 December 2023

tanaman penahan longsor

Ketika berbicara tentang keamanan lingkungan, salah satu hal yang sering terlupakan adalah potensi bahaya longsor. Namun tidak perlu khawatir karena ada cara alami yang dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko longsor di sekitar rumah Sobat Honda, contohnya dengan menanam tanaman penahan longsor. 

Meskipun biasanya tanaman digunakan untuk keperluan estetika, tetapi beberapa tanaman yang akan dijelaskan dalam artikel ini juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kestabilan tanah. 

Menggunakan tanaman penahan longsor di lingkungan rumah atau sekitar area pertanian Sobat Honda bisa menjadi langkah sederhana yang memiliki dampak cukup besar. Tentunya tanaman penahan longsor ini hanya bisa berfungsi saat tumbuh dengan baik melalui pemeliharaan yang tepat. 

Maksudnya, Sobat Honda perlu melakukan penyiraman, pemupukan, pemangkasan, serta tindakan lainnya yang dapat membantu pertumbuhan tanaman ke arah yang lebih baik. Sebagai langkah awal, Sobat Honda dapat mempertimbangkan untuk membeli mesin potong rumput gendong berkualitas dari Honda Power Products

Kepemilikan mesin potong rumput gendong dapat membantu Sobat Honda dalam menjaga kerapian serta pemeliharaan yang dibutuhkan sehingga tanaman penahan longsor yang sudah ditanam dapat menjalankan peranannya dengan baik. UMR435N dan UMK450T bisa menjadi pilihan yang bisa Sobat Honda gunakan untuk pemeliharaan yang aman, sekaligus nyaman. 

Pasalnya seluruh bahan material pembuatan mesin potong rumput gendong dari Honda Power Products sudah didesain dengan baik untuk ketahanan dalam jangka panjang. Coba kunjungi Honda Power Products untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap! 

Selagi Sobat Honda mencari mesin potong rumput gendong yang tepat, jangan lupa pahami juga informasi lengkap mengenai berbagai jenis tanaman penahan longsor di bawah ini! 

Sebenarnya Apa yang Menyebabkan Tanah Menjadi Longsor?

Tanah longsor adalah fenomena alam yang terjadi ketika lapisan tanah dan batuan bergerak atau runtuh secara tiba-tiba. Meskipun disebut sebagai fenomena alam, penyebab terjadinya tanah longsor tidak hanya dari alam saja. Justru tanah longsor termasuk kejadian yang melibatkan interaksi kompleks antara faktor alam dan manusia. 

Salah satu faktor alam yang dimaksudkan ialah curah hujan yang tinggi. Apabila suatu daerah memiliki curah hujan yang sangat tinggi maka kemungkinan besar tanah menjadi jenuh air dan menyebabkan kehilangan kekuatan untuk mempertahankan stabilitasnya. 

Selain itu jenis tanah juga memainkan peran penting. Tanah yang memiliki struktur longgar atau kandungan lempung yang tinggi cenderung lebih rentan terhadap erosi dan pergerakan massa tanah. Kemudian topografi tanah juga berpengaruh, seperti lereng yang curam cenderung memicu pergerakan tanah lebih cepat.

Kemudian, faktor dari manusia itu sendiri seperti deforestasi atau penebangan hutan tanpa perencanaan yang pada akhirnya dapat menghilangkan lapisan tanaman yang berfungsi sebagai penahan tanah. 

Penggalian tanah, perubahan tata guna lahan, serta pembangunan tanpa pertimbangan yang tepat pastinya akan memberikan dampak yang begitu besar pada kerusakan stabilitas tanah. 

Ketika Sobat Honda sudah memahami kompleksitas faktor-faktor ini maka pencegahan yang tepat bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya tanah longsor.

Mengenal 6 Tanaman Penahan Longsor

Ketika menghadapi risiko longsor, melakukan pencegahan yang tepat sangat penting dilakukan. Contohnya tidak membuat kolam, sawah, atau bangunan berat lainnya yang dapat memberikan tekanan besar pada tanah di sekitar tebing. 

Namun pencegahan seperti ini belum cukup, penggunaan tanaman penahan longsor bisa menjadi solusi alami yang juga efektif. Cari tahu beberapa tanaman yang dapat mencegah dan mengurangi potensi terjadinya tanah longsor berikut ini!

1. Tanaman Bambu

Tanaman Bambu

Tanaman bambu termasuk alternatif yang efektif dalam mencegah longsor. Akarnya yang kuat dan pertumbuhannya yang meluas membantu menjaga stabilitas tanah di lereng atau area yang rentan. 

Selain itu batang bambu yang kokoh dan tegak berdiri bisa mengurangi tekanan air hujan yang bisa memicu longsor. Bambu juga memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga dalam waktu relatif singkat, tanaman ini dapat memberikan perlindungan efektif pada area yang memerlukan.

2. Tanaman Kemiri

Kemiri atau candlenut juga termasuk tanaman yang baik untuk mencegah tanah longsor. Sistem akar kemiri yang meluas membantu menjaga kepadatan tanah, mencegah erosi, dan pergerakan massa tanah. Daunnya yang lebat bahkan bisa melindungi permukaan tanah dari hujan langsung yang dapat merusak lapisan atas tanah. 

3. Tanaman Vetiver atau Akar Wangi

Tanaman vetiver atau yang juga dikenal sebagai akar wangi, memiliki sistem akar yang panjang dan kuat. Akar ini berfungsi sebagai jaringan penahan yang efektif karena mampu menahan tanah dari pergerakan. 

Tidak berhenti di sana, akar wangi juga memiliki kemampuan menyerap air berlebih sehingga membantu mencegah tanah menjadi jenuh dan berakhir longsor. Tanaman ini bahkan mampu tumbuh di berbagai kondisi tanah dan iklim, menjadikannya pilihan yang sangat fleksibel.

4. Pohon Sukun

Pohon sukun memiliki akar kuat dan dalam yang membantu menjaga kesatuan tanah di lereng. Daunnya yang lebat mampu berperan dalam melindungi permukaan tanah dari hujan yang dapat merusak. 

5. Pohon Beringin

Pohon Beringin

Pohon beringin memiliki akar luas dan tajuk yang menyatu untuk memberikan penahan yang kuat pada lereng. Akar yang tumbuh melebar dan ke dalam pada akhirnya dapat merangkul tanah dengan baik sehingga mampu menjaga kestabilan lereng sekaligus mengurangi risiko longsor. Daun yang lebat juga melindungi permukaan tanah dari dampak langsung saat hujan deras turun.

6. Tanaman Trembesi

Tanaman trembesi memiliki akar yang kuat dan tajuk yang lebat. Akarnya yang menyebar membantu mencegah pergerakan tanah, sementara daunnya melindungi tanah dari hujan. Tanaman ini juga memberikan manfaat ekstra dalam bentuk kayu yang dapat dimanfaatkan.

Melindungi lingkungan sekitar dan mencegah bencana alam seperti tanah longsor tentu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Selain melakukan berbagai pencegahan yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan Sobat Honda mempertimbangkan untuk melakukan penanaman tanaman penahan longsor. 

Ketika nantinya tanah yang ada di sekitar area pertanian sudah jauh lebih kuat maka Sobat Honda jadi tidak perlu khawatir saat melakukan aktivitas. Pastikan Sobat Honda juga sudah memiliki perangkat berkualitas untuk melakukan berbagai pemeliharaan serta menghadapi situasi darurat. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Mata pisau Mesin Potong Rumput untuk Anda Ketahui

Langsung saja gunakan mesin potong rumput gendong dari Honda Power Products sekarang juga. Kualitas yang baik dengan penggunaan teknologi yang unggul pasti akan memudahkan Sobat Honda untuk menjaga tanaman pertanian sekaligus tanaman penahan longsor. 

Desainnya bahkan sudah dibuat sedemikian rupa untuk kenyamanan dan keamanan Sobat Honda selama penggunaan. Jadi mulailah memilih peralatan yang tepat dan jadikan aktivitas pertanian Sobat Honda menyenangkan! Hubungi tim Honda Power Products dan dapatkan semua mesin pertanian yang Sobat Honda butuhkan hari ini! 

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->